Penerapan Model Talking Stick Dalam Meningkatkan hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIS Minhajus Salam Desa Tanjung Selamat Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang Tahun Ajaran 2019/2020

Pane, Selvia Putri (2020) Penerapan Model Talking Stick Dalam Meningkatkan hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIS Minhajus Salam Desa Tanjung Selamat Kecamatan Percut Sei Tuan Deli Serdang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar IPS siswa kelas IV MIS Minhajus Salam Tahun Pelajaran 2019/2020 sebelum dan sesudah menggunakan model Talking Stick. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Penelitian ini menggunakan tes hasil belajar IPS dalam bentuk pilihan berganda pada materi Aktivitas Ekonomi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIS Minhajus Salam yang berjumlah 17 orang, yang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Dari penelitian ini dihasilkan temuan sebagai berikut: (1) Penerapan model Talking Stick sudah sesuai dengan prosedur pelaksanaan pembelajaran. (2) Hasil penelitian ini berupa peningkatan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Aktivitas Ekonomi. Pada saat pre test nilai rata-rata kelas sebesar 56,47 dengan tingkat ketuntasan 23,53% dan pada saat siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 67,94 dengan tingkat ketuntasan 52,94% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 80,29 dengan tingkat ketuntasan mencapai 82,35%. Maka dapat simpulkan bahwa penerapan model Talking Stick dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikelas IV MIS Minhajus Salam Tahun Ajaran 2019/2020.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Talking Stick, Hasil Belajar IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:50
Last Modified: 04 Nov 2020 07:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9797

Actions (login required)

View Item View Item