Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas IV MIN 4 Kota Medan

Ningrum, Ajeng Sestya (2020) Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas IV MIN 4 Kota Medan. Skripsi thesis, UIN Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
AJENG.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1.) Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa dengan menggunakan Model Konvensional di MIN IV Kota Medan, 2.) Hasil Belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran CIRC di MIN IV Kota Medan, 3.) Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di kelas IV MIN 4 Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental desain (non equivalent control group design) dengan kegiatan pretest dan postest yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Kota Medan. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa, dan kelas V-B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 15 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V MIN 4 Kota Medan, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran CIRC adalah 83,33 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 76,33. Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig.(2.tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05)

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran CIRC, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:40
Last Modified: 04 Nov 2020 07:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9796

Actions (login required)

View Item View Item