Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Alam Di Kelas IV MIS Hidayatus Shibyaan Kecamatan Labuhan Deli Tahun Ajaran 2019/ 2020

Lathifah, Nur (2020) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Kegiatan Ekonomi Berdasarkan Potensi Alam Di Kelas IV MIS Hidayatus Shibyaan Kecamatan Labuhan Deli Tahun Ajaran 2019/ 2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LATHIFAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa kelas IV sebelum diterapkannya model pembelajaranLearning Cycle pada mata pelajaran IPS; 2) Penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran IPS; 3) Hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran Learning Cycle mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MIS Hidayatus Shibyaan Kecamatan Labuhan Deli. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas IV dengan jumlah siswa 33 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Sebelum menggunakan model pembelajaran Learning Cycle nilai rata- rata siswa 58,48 dan hasil belajar siswa yang tuntas hanya 9 siswa (27,27%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 24 siswa (72,73%), 2) Proses penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata pelajaran IPS di kelas IV MIS Hidayatus Shibyaan Kecamatan Labuhan Deli berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siklus I, namun belum mencapai nilai ketuntasan klasikal, maka perlu dilanjutkan ke siklus II, 3) Setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle hasil belajar siswa dapat meningkat, hal ini terbukti pada siklus I hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 70,9 (57,57%) dan pada siklus II diperoleh nilai ratarata 80,3 (81,81%).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:36
Last Modified: 05 Nov 2020 08:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9795

Actions (login required)

View Item View Item