Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Learning Disertai dengan Membuat Ringkasan Berformat Mini-Magz Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Pesantren Modern Fajrul Iman Patumbak

Vera, Nancy Meigi (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Discovery Learning Disertai dengan Membuat Ringkasan Berformat Mini-Magz Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Pesantren Modern Fajrul Iman Patumbak. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ilovepdf_merged.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas XI Pesantren Modern Fajrul Iman Patumbak, sebelumnya pembelajaran yang mereka gunakan hanya menggunakan model pembelajaran konvensional. Maka dari itu, perlu adanya peningkatan dalam penggunaan strategi pembelajaran, yang mana nantinya dapat membuat siswa lebih aktif dan lebih mudah memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya hasil belajar siswa, hal ini disebabkan kurang beragamnya strategi pembelajaran yang digunkan guru, sehingga membuat siswa menjadi bosan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran discovery learning disertai dengan membuat ringkasan berformat minimagz dalam pembelajaran biologi materi sistem ekskresi pada manusia terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen menggunakan hasil pretest dan posttest. Populasi penelitian ini adalah kelas XI MIA di Pesantren Fajrul Iman, yang mana sampelnya menggunakan 2 kelas dengan pengambilan sampel jenuh. Kelas XI MIA A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan strategi pembelajaran discovery learning disertai dengan membuat ringkasan berformat mini magz, sedangkan kelas XI MIA B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan tes, yang terdiri dari pretest dan posttest. Setelah data tes terkumpul, maka selanjutnya data dianalisis menggunakan analisis statistik seperti uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai pretest 56 dan posttest 82,1. Sedangkan pada kelas kontrol memiliki rata-rata nilai pretest 51,7 dan posttest 72,5. Untuk hasil uji t diperoleh bahwa thitung 3,64 sedangkan ttabel 1,71, itu berarti bahwa thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dari itu dapat dilihat dari hasil uji t bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran discovery learning disertai dengan membuat ringkasan berformat mini magz terhadap hasil belajar siswa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 04 Nov 2020 03:00
Last Modified: 04 Nov 2020 03:00
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9785

Actions (login required)

View Item View Item