Sari, Devi Damai (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas V di SD Ad-Dakwah Kec.Sei Bamban Kab.Serdang Bedagai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI UBAH KEPDF-dikonversi.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Ad Dakwah Kec.Sei Bamban Kab.Serdang Bedagai, 2) Pengaruh model pembelajaran role playing pada mata pelajaran PKn di kelas V SD Ad Dakwah Kec.Sei Bamban Kab.Serdang Bedagai. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, yang menggunakan desain "The Nonequivalent Control Group Design". Subjek penelitian ini adalah siswa kels V SD Ad Dakwah Kec.Sei Bamban Kab.Serdang Bedagai. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa pilihan berganda. Kesahihan instrument penelitian ini diperoleh melalui uji validalitas, reliabilitas, tingat kesukaran, dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yaitu menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran role playing lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil belajar PKn di kelas eksperimen (V A) dengan model pembelajaran role playing diperoleh rata-rata post test 81,6, sedangkan hasil belajar PKn di kelas control (V B) dengan model pembelajaran konvensional diperoleh rata-rata post test 75,2. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 2,030 > 1,7084 pada taraf signifikan α = 0,05. Hal ini berarti hasil hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima dan dinyatakan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model pembalajaran role playing terhadap hasil belajar PKn kelas V di SD Ad Dakwah Kec. Sei Bamban Kab. Serdang Bedagai.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 03 Nov 2020 06:58 |
Last Modified: | 03 Nov 2020 06:58 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9780 |
Actions (login required)
View Item |