Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa

Nianda, Fitkha (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FITKHA NIANDA (PGMI).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Hasil belajar Matematika siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa (2) Hasil belajar Matematika siswa kelas V dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa (3) Pengaruh penggunaan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Penelitian ini dilakukan di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Kecamatan Tanjung Morawa. Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 53 siswa. Pengumpulan data ini menggunakan hasil pre-test dan post-test soal pilihan ganda. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan (1) Hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional memperoleh rata-rata 73,6. (2) Hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning memperoleh rata-rata 80,17. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas V di MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji-t yang diperoleh thitung > ttabel = 2,494 > 1,675 dengan taraf signifikan = 0,05 sehingga dinyatakan Ha diterima. Kesimpulan dalam penelitian menjelaskan bahwa hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional di kelas V MIS Nurul Yaqin Burhaniyah Tanjung Morawa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Discovery Learning dan Hasil Belajar Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2020 06:43
Last Modified: 03 Nov 2020 06:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9779

Actions (login required)

View Item View Item