Peran Guru PKN dalam meningkatkan Moral Siswa di SDN 056022 Paya Perupuk Kec. Tanjung Pura Kab. Langkat

Lastari, Ramadhani (2020) Peran Guru PKN dalam meningkatkan Moral Siswa di SDN 056022 Paya Perupuk Kec. Tanjung Pura Kab. Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI sesungguhnya RAMADHANI LASTARI.doc

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana peran guru pkn sebagai Educator dalam meningkatkan moral siswa di SDN 056022 Paya Perupuk Kec. Tanjung Pura Kab. Langkat (2) Bagaimana peran guru pkn sebagai motivator dalam meningkatkan moral siswa di SDN 056022 Paya Perupuk Kec. Tanjung Pura Kab. Langkat (3) Bagaimana peran guru pkn sebagai Evaluator dalam meningkatkan moral siswa di SDN 056022 Paya Perupuk Kec. Tanjung Pura Kab. Langkat (4) Apa faktor Pendukung dan Penghambat Guru PKn dalam Meningkatkan Moral Siswa Di SDN 056022 Paya Perupuk Kec. Tanjung Pura Kab. Langkat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data peneliti diperoleh melalui observasi , wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru PKn sudah efektif, peran sebagai pendidik dalam peningkatan moral mempunyai nilai yang positif dilakukan pada anak didik. Pendidikan dan motivasi yang diberikan kepada anak didik tersebut berupa kebiasaan-kebiasaan serta contoh suri tauladan yang baik, yang dilakukan dilingkungan keluarga (orang tua), lingkungan sekolah (guru) dan lingkungan masyarakat. Faktor pendukung dan penghambat bagi peran guru PKn dalam meningkatkan moral siswa adalah faktor yang timbul dari lingkungan keluarga dan latar belakang orang tua dan juga watak karakter siswa itu sendiri. Sedangkan faktor penghambatnya ialah yang bersumber dari dalam diri siswa, selain itu faktor lingkungan dan teknologi yang menjerumuskan siswa pada pergaulan bebas serta faktor lingkungan yang negatif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran guru PKn, meningkatkan Moral
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 03 Nov 2020 05:14
Last Modified: 03 Nov 2020 05:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9771

Actions (login required)

View Item View Item