Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Di Kelas V SD Swasta Yayasan At-Taufiq Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2019/2020

Asy Syafa, Dhia (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Dalam Di Kelas V SD Swasta Yayasan At-Taufiq Kecamatan Medan Tembung Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Dhia Asy Syafa Revisi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn sebelum menggunakan metode Mind Mapping (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Mind Mapping (3) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa setelah menerapkan metode Mind Mapping. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Swasta Yayasan At-Taufiq di semester II sebanyak 30 orang siswa, yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 21 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan menulis siswa sebelum menggunakan metode Mind Mapping yaitu siswa yang tuntas berjumlah 12 orang atau dengan persentase 40%. (2) Kemampuan menulis siswa setelah menggunakan metode Mind Mapping yaitu pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 18 orang atau dengan persentase 60%. Selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 27 orang atau dengan persentase 90%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal 90%. (3) Respon siswa dengan menggunakan metode Mind Mapping dalam pembelajaran PKn adalah positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Mind Mapping
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Nov 2020 06:34
Last Modified: 02 Nov 2020 06:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9755

Actions (login required)

View Item View Item