Peran Kepala Sekolah Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di SMP Swasta IRA Medan.

Anggraini, Putri (2020) Peran Kepala Sekolah Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di SMP Swasta IRA Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI ANGGRAINI.docx

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana peran kepala sekolah dalam menanggulagi kenakalan siswa di SMP Swasta IRA Medan, (2) bagaimana faktor pendukung dan faktor penghambat yang dihadapi kepala sekolah dalam menanggulangi kenakalan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian Deskriptif. Penelitian ini bersifat menggambarkan, menuturkan, dan menghasilkan data yang ada dan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata terulis/ lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati dan data tersebut bersifat pernyataan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisa datanya deskriptif kualitaif. Meneapkan keabsahan data, serta menggunakan teknik tringulasi data yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sebagai sebagai bahan perbandingan. Kedudukan seorang kepala sekolah kependidikan memerlukan suatu kemampuan profesional yang mampu mendukung terhadap pencapaian tujuan pendidikan, sebab kualitas suatu lembaga pendidikan bergantung pada kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Peran Kepala sekolah dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMP Swasta IRA Medan. kepala sekolah melakukan sebuah perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, pengevaluasian. Dalam penelitian ini terlihat jelas peran kepala sekolah yang dimana baik sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, inovator, motivator yang sudah dilakukan kepala sekolah untuk menanggulangi kenakalan siswa. Kasus kenakalan yang terjadi disekolah SMP Swasta IRA Medan yaitu kenakalan ringan dan kenakalan sedang. Kenakalan dapat terjadi dikarenakan faktor dari lingkungan, sekolah, dan keluarga. Dalam kasus ini kepala sekolah melakukan tiga upaya penanggulangan yaitu tindakan preventif, represif, dan kuratif, dengan ketiga hal ini dapat meminimalkan angka kenakalan siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Kepala Sekolah dan Kenakalan Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Oct 2020 05:43
Last Modified: 26 Oct 2020 05:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9727

Actions (login required)

View Item View Item