Nurzakiah, Nurzakiah (2020) Pengaruh Media Pembelajaran Audiopvisual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA Di SD Swasta Tunas Bangsa Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
NURZAKIAH-(0306162141).pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA di SD Swasta Tunas Bangsa Medan. Penelitian ini di lakukan di SD Swasta Tunas Bangsa Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasy Eskperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Swasta Tunas Bangsa Medan yang berjumlah 50. Sampel penelitian ini ada dua kelas yang terdiri atas satu kelas eksperimen (VB) dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang dan satu kelas kontrol (VA) dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA adalah tes essai berupa post-test yang berjumlah 10 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan uji t. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA Di SD Swasta Tunas Bangsa Medan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA berturutturut adalah 88 dan 74. Hal ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana thitung > ttabel yaitu 3,974 > 1,708
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 05:26 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 05:26 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9725 |
Actions (login required)
View Item |