Chairani, Savira (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PKn Dengan Metode Two Stay Two Stray Pada Materi Makna Sila-sila pancasila Siswa Kelas IV Di MIS At-Thawaf Medan Marelan Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI SAVIRA CHAIRANI (Tercantum Pengesahan).pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) hasil belajar PKn siswa sebelum menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray pada pembelajaran PKn materi makna sila-sila pancasila b) Penerapan metode Two Stay Two Stray pada pembelajaran PKn materi makna sila-sila Pancasila, c) Peningkatan hasil belajar pada materi makna sila-sila pancasila setelah diterapkan metode Two Stay Two Stray pada pelajaran PKn materi makna sila-sila pancasila kelas IV MIS At-Thawaf Medan Marelan tahun ajaran 2019/2020. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa MIS At-Thawaf kelas IV yang berjumlah 28 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar PKn pada materi makna sila-sila pancasila dengan menggunakan metode pembelajaran Two Stay Two Stray. Pada tes awal (Pre-Test) sebelum penerapan metode Two Stay Two Stray nilai ratarata siswa sebesar 69,7 yaitu 7 siswa (25%) yang mencapai ketuntasan belajar dan 21 siswa (75%) yang belum mencapai ketuntasan belajar, pada siklus I nilai ratarata kelas yang di dapat sebesar 71,96%, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa (57,14%) dan siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar sebanyak 12 siswa (42,85%). Sedangkan tes hasil belajar siklus II nilai ratarata kelas yang didapat siswa sebesar 80,89%, siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 24 siswa (85,71%) dan jumlah siswa yang tidak tuntas belajar sebanyak 4 siswa (14,28%). Maka melalui metode pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi makna sila-sila Pancasila.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 21 Oct 2020 07:00 |
Last Modified: | 21 Oct 2020 07:00 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9698 |
Actions (login required)
View Item |