Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Spasial Visual Flash Card Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dinasti Umayyah Kelas VII MTs Al-Jam’iyatul

Harahap, Maya Sari (2020) Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Spasial Visual Flash Card Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dinasti Umayyah Kelas VII MTs Al-Jam’iyatul. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
PDF FILE LENGKAP SKRIPSI BAB 1-5 MAYA SARI HRP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) motivasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebelum menggunakan strategi pembelajaran Spasial Visual Flash Card materi Dinasti Umayyah T.P. 2019/2020. 2) untuk mengetahui motivasi belajar siswa kelas VII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sesudah menggunakan strategi pembelajaran Spasial Visual Flash Card materi Dinasti Umayyah T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan subjek penelitian dilakukan di kelas Kelas VII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung yang berjumlah 37 orang siswa. Analisa data dalam penelitian ini dengan menggunakan tes serta penilaian angket dan tes ketuntasan belajar siswa. Berdasarkan hasil tes diawal atau pra siklus diperoleh data motivasi belajar siswa memiliki persentase nilai rata-rata 2, 81 dan hasil ketuntasan belajar dengan ratarata sebesar 36, 32 dengan hasil ketuntasan 16%. Pada siklus I motivasi belajar siswa memiliki presentase 3, 28 dan hasil ketuntasan belajar dengan rata-rata sebesar 73, 62 dengan ketuntasan klasikal 54%. Pada siklus II motivasi belajar siswa memiliki presentase dengan nilai rata-rata 3, 61 dan ketuntasan belajar dengan rata-rata 81,83 dengan ketuntasan klasikal 92%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Strategi Pembelajaran Spasial Visual Flash Card Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dinasti Umayyah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VII MTs Al-Jam’iyatul Washliyah Tembung.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:39
Last Modified: 21 Oct 2020 06:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9697

Actions (login required)

View Item View Item