Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Di Kelas XI SMA Swasta Yaspenmas Sei Lepan Kabupaten Langkat

Tanjung, Dila Triani (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Di Kelas XI SMA Swasta Yaspenmas Sei Lepan Kabupaten Langkat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dila Triani Tanjung.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation dan think pair share terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar siswa. penelitian ini dilakukan di SMA swasta yaspenmas tahun pelajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa. pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple randam sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, hasil uji hipotesis pada kelas group investigation diperoleh hasil sikap ilmiah nilai thitung = 49,431 dan nilai ttabel = 2,0243 sehingga thitung > ttabel. maka Ha diterima dan H0 di tolak. Dan hasil uji hipotesis pada kelas group investigation diperoleh hasil belajar dengan nilai thitung= 9,100 dan nilai ttabel = 2,0243. Sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima dan H0 di tolak. Selanjutnya hasil uji hipotesis pada kelas think pair share diperoleh sikap ilmiah dengan nilai thitung = 49,474 dan nilai ttabel = 2,0243 sehingga thitung > ttabel.. maka Ha diterima dan H0 di tolak. Dan hasil uji hipotesis pada kelas think pair share diperoleh hasil belajar dengan nilai thitung = 8,594 dan nilai ttabel = 2,0243 sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima dan H0 di tolak. Berdasarkan hasil uji hipotesis bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran group investigation dan think pair share terhadap sikap ilmiah dan hasil belajar di kelas XI SMA swasta yaspenmas Sei Lepan Kabupaten Langkat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:11
Last Modified: 21 Oct 2020 04:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9694

Actions (login required)

View Item View Item