Pengembangan Buku Teks IPA Materi Perubahan Wujud Benda Berbasis Big Book Terhadap Pemahaman Konsep Di Kelas III SD Negeri 060852 Medan

Wandira, Ayu (2020) Pengembangan Buku Teks IPA Materi Perubahan Wujud Benda Berbasis Big Book Terhadap Pemahaman Konsep Di Kelas III SD Negeri 060852 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SkripsiAyuWandira.Pdf.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Buku teks merupakan pedoman bagi guru dan siswa dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Buku teks digunakan siswa sebagai pedoman terkait dengan materi yang akan dipelajari, sebagai alat belajar sehingga siswa menemukan petunjuk teori ataupun konsep yang terdapat dalam buku teks. Buku teks bagi guru sebagai pedoman dan bahan ajar yang mudah dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui buku teks IPA materi perubahan wujud benda berbasis big book yang valid, praktis dan efektif terhadap pemahaman konsep siswa kelas III SD negeri 060852 Medan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan atau biasa disingkat dengan R & D. Desain penelitian ini yaitu desain Borg and Gall yang diadopsi oleh Sugiyono. Inovasi dalam pembelajaran berupa pengembangan buku teks IPA berbasis Big Book dilakukan untuk menciptakan suasana belajar yang efektif sehingga mampu memberikan pemahaman konsep kepada siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu, buku teks IPA berbasis big book berdasarkan nilai yang diberikan oleh ahli validator mulai dari ahli desain, ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli bahasa dinyatakan valid. Berdasarkan uji lapangan yang dilakukan oleh peneliti bahwa penggunaan buku teks IPA berbasis big book mampu meningkatkan pemahaman konsep siswa hal ini dinyatakan dengan adanya peningkatan nilai sebelum dan sesudah menggunakan buku teks IPA berbasis big book, dalam hal ini buku teks dinyatakan praktis dan efektif terhadap pemahaman konsep siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku teks IPA materi perubahan wujud benda berbasis big book layak digunakan dalam pembelajaran untuk menciptakan dan memberikan pemahaman konsep kepada siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 12 Oct 2020 04:22
Last Modified: 12 Oct 2020 04:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9635

Actions (login required)

View Item View Item