Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang

Siregar, Nur Indah Rezeki (2020) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SDN 106806 Cinta Rakyat, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NUR INDAH REZEKI SIREGAR (0306161047).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis sebelum menggunakan model pembelajaran Kontekstual (2) Untuk mengetahui proses penggunaan model pembelajaran Kontekstual (3) Untuk mengetahui respon siswa dalam menulis laporan pengamatan setelah menggunakan model pembelajaran Kontekstual. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5B SDN 106806 Cinta Rakyat di semester II sebanyak 30orang siswa, yang terdiri dari 16 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan menulis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Kontekstual yaitu siswa yang tuntas berjumlah 9 orang atau dengan persentase 30%. (2) Kemampuan menulis siswa setelah menggunakan model pembelajaran Kontekstual yaitu pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 18 orang atau dengan persentase 60%. Selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 27 orang atau dengan persentase 90%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal 90%. (3) Respon siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kontekstual dalam pembelajaran Bahasa Indonesia adalah positif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaranKontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis laporan pengamatan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 12 Oct 2020 04:12
Last Modified: 12 Oct 2020 04:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9633

Actions (login required)

View Item View Item