Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Materi Tokoh-tokoh Sejarah Pada Masa Hindu-Budha Di Indonesia Kelas IV Di SD Negeri 064966 Kec. Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2018/2019

Situmorang, Rukiah Zumiati (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing Materi Tokoh-tokoh Sejarah Pada Masa Hindu-Budha Di Indonesia Kelas IV Di SD Negeri 064966 Kec. Medan Perjuangan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
RUKIAH ZUMIATI SITUMORANG BENAR.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkannya model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPS materi tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha di Indonesia. (2) mengetahui proses penerapan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPS tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha di Indonesia (3) Mengetahui respon siswa terhadap proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPS tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha di Indonesia. (4) hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran snowball throwing pada mata pelajaran IPS materi tokoh-tokoh sejarah pada masa Hindu-Budha di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 064966 Medan yang berjumlah 22 orang. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan 3 cara yaitu: (1) observasi (2) wawancara (3) tes. Temuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) hasil belajar siswa sebelum di terapkannya model pembelajaran snowball throwing masih sangat rendah, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa sebesar 68,63 dan yang tuntas belajar hanya 9 orang (40,90%). (2) penerapan model pembelajaran snowball throwingpada mata pelajaran IPS materi tokoh-tokoh sejarah pada masa HinduBudha di Indonesia. Siklus I memiliki persentase ketuntasan hasil belajar klasikal 63,63% dengan nilai rata-rata 79,09 (3) Pada siklus II hasil belajar siswa memiliki persentase ketuntasan klasikal 86,36% dengan nilai rata-rata 86,36. (4) Serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran snowball throwingsangat baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Oct 2020 06:46
Last Modified: 07 Oct 2020 06:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9624

Actions (login required)

View Item View Item