Simanungkalit, Sairina (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Meteri Cahaya dan Sifat-Sifatnya Melalui Model Pair Check Pada Siswa Kelas V MIS Nurul Hadina Jl Pertahanan Komplek Perumdam Nomor 93 Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI Sairina word.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Pair Check dan setelah menerapkan model pembelajaran Pair Check yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V MIS Nurul Hadina Kecamatan Patumbak. Penelitianyang digunakan adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini seluruh siswa kelas V MIS Nurul Hadina Kecamatan Patumbak yang berjumlah 31 orang siswa. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Pair Check pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Berdasarkan persentase ketuntasan belajar pre tes siswa sebesar 41,93% sedangkan hasil persentase yang belum tuntas dalam belajar sebesar 58,07%. Hasil belajar masih rendah dan belum mencapaikan ketuntasan belajar. Dari hasil kegiatan post tes yang dilakukan pada siklus I terjadi peningkatan pada siswa yang “Tuntas”. Dari hasil post tes siklus I bahwa dari 31 jumlah siswa ditemukan 20 siswa (64,52%) dapat dinyatakan “Tuntas”, sedangkan 11 siswa (35,48%) masih dinyatakan “Belum Tuntas”. Dalam tes ini kegiatan post tes yang dilakukan pada siklus II terjadi peningkatan pada siswa yang “Tuntas”. Dari hasil post tes pada siklus II bahwa dari 31 jumlah siswa ditemukan 28 siswa (90,32%) dapat dinyatakan “Tuntas” sedangkan 3 siswa (9,68%) “Belum Tuntas”.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 03:09 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 03:09 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9622 |
Actions (login required)
View Item |