Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Nahwu (Matan Jurmiyah) di Kelas 1 Putra Ma’had Darul Ikhlas Mandailing Natal

Nasution, Lukman Hakim (2020) Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Nahwu (Matan Jurmiyah) di Kelas 1 Putra Ma’had Darul Ikhlas Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
lukman hakim nasution-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Kompetenti Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Nahwu (Matan Jurmiyah) di Kelas 1 Putra Ma’had Darul Ikhlas”. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan (1) Proses pembelajaran nahwu di kelas 1 putra Ma’had Darul Ikhlas. (2) Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran nahwu di kelas 1 putra Ma’had Darul Ikhlas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif Deskriptif, Subjek dari penelitian ini adalah santri kelas 1 putra Ma’had Darul Ikhlas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menjelaskan bahwa: Kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran Nahwu di Ma’had Darul Ikhlas Mandailing Natal, khususnya kelas 1 Putra telah memenuhi beberapa indikator dari delapan kompetensi pedagogik meliputi: pemahaman wawasan atau landasan kependidikan, pemahaman terhadap peserta didik, pengembangan kurikulum atau silabus, perancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang dialogis, pemanfaatan teknologi pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimilikinya. Akan tetapi masih terdapat kekurangan pada beberapa aspek dalam indikator yang belum dipenuhi oleh guru yaitu pada indikator perancangan pembelajaran, guru tidak menyusun rencanan pelaksanaan pembelajaran ketika akan melaksanakan pembelajaran. Pada indikator pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, guru selalu menggunakan metode ceramah, dan tanya jawab dan penugasan, guru tidak menggunakan media guna meningkatkan motivasi peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran pada saat mengajar. Pada indikator pemanfaatan teknologi pembelajaran, guru jarang dan hampir tidak pernah memanfaatkan teknologi sebagai media dalam pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Oct 2020 13:39
Last Modified: 05 Oct 2020 13:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9616

Actions (login required)

View Item View Item