Pengaruh Metode Dua Tinggal Dua Tamu Dan Kecerdasan Spritual Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas X Di MAN Binjai

Nasution, Achyar Umayyah (2019) Pengaruh Metode Dua Tinggal Dua Tamu Dan Kecerdasan Spritual Terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas X Di MAN Binjai. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
TESIS SIAP PDF.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MAN Binjai. Pengaruh metode pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MAN Binjai. (2) Untuk siswa yang memilki kecerdasan spiritual tinggi, terdapat hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa yang belajar dengan metode du tinggal dua tamu dengan metode ekspositori. (3) Untuk siswa yang memilki kecerdasan spiritual rendah, terdapat hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa yang belajar dengan metode du tinggal dua tamu dengan metode ekspositori. (4) Terdapat atau tidaknya interaksi antara Metode pembelajaran dan kecerdasan spiritual dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MAN Binjai. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen menggunakan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN Binjai Tahun Ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 231 siswa. Penarikan sampel diambil berdasarkan jumlah keterwakilan dari setiap kelas yang ada di kelas X. Kelas dibagi atas kelas eksperimen berjumlah 35 siswa dan kelas kontrol berjumlah 35 siswa. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan angket untuk kecerdasan spiritual dalam bentuk skala differensial semantik. Data yang terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anova) dua jalur dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu berpengaruh terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MAN Binjai dengan memperoleh nilai rata-rata = 77,14. Metode pembelajaran ekspositori berpengaruh terhadap hasil belajar AlQur’an Hadits siswa di MAN Binjai dengan memperoleh nilai rata-rata =70,57. (2) Untuk siswa kecerdasan spiritual tinggi, terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode Pengaruh Metode Dua Tinggal Dua Tamu dan Kecerdasan Spritual terhadap Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas X di MAN Binjai dua tinggal dua tamu dengan siswa yang menggunakan metode ekspositori.. Siswa yang menggunakan metode dua tinggal dua tamu dengan klasifikasi kecerdasan spiritual tinggi memperoleh nilai rata-rata = 88,50, Standar Deviasi = 8,29 dan Varians = 48,68. Sedangkan siswa yang menggunakan metode ekspositori dengan klasifikasi kecerdasan spiritual tinggi memperoleh nilai rata-rata= 75,00, standar deviasi = 10,25 dan varians 40,48 (3) Untuk siswa kecerdasan spiritual rendah, terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan metode dua tinggal dua tamu dengan siswa yang menggunakan metode ekspositori. Siswa yang menggunakan metode dua tinggal dua tamu dengan klasifikasi kecerdasan spiritual rendah memperoleh nilai rata-rata = 62,00 standar deviasi = 5,61 dan varians = 31,43. Sedangkan siswa yang menggunakan metode ekspositori dengan klasifikasi kecerdasan spiritual tinggi memperoleh nilai rata-rata = 63,93, standar deviasi = 7,89 dan varians = 37,36 . (4) Terdapat interaksi antara metode pembelajaran DuaTinggal Dua Tamu dan kecerdasan spiritual dengan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa di MAN Binjai nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel (Fhitung=12,886>Ftabel=4,08).

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Oct 2020 13:12
Last Modified: 05 Oct 2020 13:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9615

Actions (login required)

View Item View Item