Pengembangan Buku Ajar Muhadastah untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Santriwati Kelas VII Mts di Pondok Pesantren Mawaridussalam, Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara

Maha, Marheni Br (2020) Pengembangan Buku Ajar Muhadastah untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Santriwati Kelas VII Mts di Pondok Pesantren Mawaridussalam, Batang Kuis, Deli Serdang, Sumatera Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Marheni Br Maha.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Buku teks pelajaran atau buku ajar merupakan salah satu sumber pokok ilmu dalam proses kegiatan belajar mengajar. Buku ajar merupakan buku pendidikan yang berisi tentang bahan atau materi suatu pelajaran tertentu, yang disusun secara sistematis dengan menggunakan acuan kurikulum dan sesuai dengan standar nasional pendidikan yang dibuat berdasarkan tujuan tertentu. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengembangan terhadap buku ajar Muhadastah agar proses belajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien. Buku ini dikembangkan untuk menigkatkan keterampilan berbicara santriwati kelas VII Mts. Keterampilan berbicara merupakan salah satu dari keterampilan-keterampilan yang harus dikuasai dalam pembelajaran bahasa Arab. Langkah-langkah yang dilakukan peneliti dalam pengembangan produk yaitu : 1) Membuat kerangka atau desain buku teks muhadastah setelah observasi dan mengevaluasi isi buku teks yang telah digunakanoleh sekolah sebelumnya. 2) Memilih dan menyiapkan bahan atau perangkat yang akan digunakan sebagai buku teks yang dikembangkan 0) Mempersiapkan bahan yang diperlukan untuk buku teks pelajaran muhadastah untuk dapat divalidasi pada ahli materi dan media. 1) Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan media, dilanjutkan dengan analisis data. 3) Setelah produk divalidasi oleh ahli, maka buku teks tersebut ditampilkan kepda santriwati dan guru untuk diminta tanggapan terhadap produk yang telah dikembangkan. Hal ini penting dilakukan untuk melihat minat dan ketertarikan santriwati terhadap buku yang dikembangkan. 1) Setelah melakukan validasi ahli dan respon santriwati, proses selanjutnya adalah revisi produk buku teks yang dikembangkan. Revisi dilakukan setelah mendapatkan masukan, saran dan kritikan dari pihak-pihak yang telah disebutkan diatas. Adapun hasil dari walidasi ahli setelah buku ini dikembangkan yaitu : 1. Setelah dilakukan validasi ahli design, maka dapat diketahui buku yang dikembangkan mendapatkan nilai rata-rata produk yaitu 31 % dengan kriteria 1 (sangat baik) yang menerangkan bahwa produk dapat digunakan tanpa harus melakukan revisi. 2. Setelah dilakukan validasi ahli materi, maka dapat diketahui buku yang dikembangkan mendapatkan nilai rata-rata produk yaitu 11 % dengan kriteria 0 (baik) yang menerangkan bahwa produk dapat digunakan dengan melakukan sedikit revisi. Sebelum dilakukan perlakuan, tingkat kemampuan atau keterampilan berbicara santriwati kelas 1 Tsanawiyyah di pesantren Mawaridussalam dalam pelajaran Muhadastah yaitu 3093 % dan setelah dilakukan perlakuan, maka tingkat kemampuan santriwati menigkat menjadi 1091 %. Adapun selisih nilai dari santriwati setelah dilakukan perlakuan adalah meningkat sebanyak 2391 % Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan atau keterampilan berbicara santriwati kelas 1 Tsanawiyyah dalam pelajaran Muhadastah meningkat setelah dilakukan pengembangan terhadap buku ajar yang digunakan oleh santriwati pondok pesantren Mawaridussalam dan efektif digunakan dalam meningkatkan pembelajaran tersebut.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Oct 2020 12:20
Last Modified: 05 Oct 2020 12:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9614

Actions (login required)

View Item View Item