Perbedaan Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw dan Make A Match Pada Materi Kubus Dan Balok Siswa Kelas VIII MTs Nurul Islam Indonesia Tahun Ajaran 2019-2020

Harahap, Lamia (2019) Perbedaan Kemampuan Komunikasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Koperatif Tipe Jigsaw dan Make A Match Pada Materi Kubus Dan Balok Siswa Kelas VIII MTs Nurul Islam Indonesia Tahun Ajaran 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Bagi LAMIA HRP SKRIPSI 1111.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kemampuan Komunikasi, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan pembelajaran koperatif tipe jigsaw dan make a match pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Indonesia tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Indonesia tahun ajaran 2019-2020. Teknik analisi sdata dilakukan dengan analisis varian (ANAVA). Hasil Temuan ini menunjukkan:1) Kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe make a match. 2)Kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe make amatch.3)Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran koperatif tipe make a match.4)Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model pembelajaran yang digunakan terhadap kemampuan komunikasi dan pemecahan masalah matematis siswa. Simpulan penelitian ini menjelaskan bahwa kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih baik dari pada model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Indonesia tahun ajaran 2019-2020

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:55
Last Modified: 05 Oct 2020 04:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9610

Actions (login required)

View Item View Item