Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Berbasis Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Materi Teorema Pythagoras Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Daerah Sei Bejangkar Tahun Ajaran 2019/2020

Najma, Surya (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Berbasis Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Materi Teorema Pythagoras Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VIII SMP Swasta Daerah Sei Bejangkar Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SURYA NAJMA LENGKAP.pdf

Download (15MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran pcoket book berbasis pendekatan matematika realistik (PMR) pada materi teorema pythagoras dan untuk mengetahui bagaimana pengembangannya, kevalidannya, dan keefektifannya ditinjau dari aspek kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) dengan model penelitian 4-D yaitu: define, design, develop, and dessiminate. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Daerah Sei Bejangkar tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 27 siswa. Jenis data pada penelitian kali ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Instrumen penelitian yang dipakai adalah lembar penilaian pocket book oleh dosen ahli, guru matematika, teman sejawat, angket respon siswa, dan tes kemampuan pemahaman matematis siswa. data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan ini menunjukkan proses pengembangan media pembelajaran pocket book yang dikembangkan ini melalui tahapan define dan design. Untuk kualitas kevalidan media pembelajaran pocket book memenuhi kriteria valid dengan ditunjukkan oleh rata-rata skor kevalidan yaitu 4,24 dengan klasifikasi sangat baik. Sedangkan keefektifan media pembelajaran pocket book ditinjau dari kemampuan pemahaman matematis siswa memenuhi kriteria efektif dengan ditunjukkan oleh peningkatan persentase ketuntasan belajar siswa dari pretest yaitu 11,1% ke post test yaitu 78% dengan kategori baik dan juga diukur kesignifikanannya melalui uji t dengan hasil t hitung = 10,965 dan t tabel 2,056, dimana t hitung > t tabel dengan keputusan terdapat perbedaan signifikansi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:31
Last Modified: 05 Oct 2020 04:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9609

Actions (login required)

View Item View Item