Padang, Desi Fitri (2020) Penerapan Metode Eksploratory Discovery Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Namorambe Kabupaten Deli Serdang T.P 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
DESI FITRI PADANG.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran eksploratory discovery di sekolah SMP Negeri 1 Namorambe Kabupaten Deli serdang T.P 2019/2010. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan melalui 2 siklus terdiri empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMP Negeri 1 Namorambe berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Hasil yang diperoleh menunjukkan sebelum diberitan tindakan menunjukan Presentase 31,25% (10 siswa). Sesudah diterapkan metode ekploratory discovery dalam pembelajaran IPS diperoleh ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan Presentase 68,75% (22 siswa). Selanjutnya guna meningkatkan hasil belajar maka dilakukan perbaikan pada siklus I mulai ada peningkatan namun hasil belajar belum sesuai yang diharapkan, maka perlu dilanjutkan pada siklus ke II diperoleh persentase 87,5% (28 siswa). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan metode eksploratory discovery dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Namorambe Kabupaten Deli Serdang T.P 2019/2020.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 05 Oct 2020 03:10 |
Last Modified: | 05 Oct 2020 03:10 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9607 |
Actions (login required)
View Item |