Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Swasta Al Ulum Medan

Nasution, Khairunnisa (2020) Pengaruh Penggunaan Media Puzzle terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Swasta Al Ulum Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI KHAIRUNNISA NASUTION.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya penerapan media pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar bahasa Arab siswa pada kelas VIII. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa MTs Swasta al-Ulum Medan, apakah ada pengaruh media puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Swasta al-Ulum Medan pada materi alMihnah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media Puzzle terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Swasta al- Ulum Medan pada materi al-Mihnah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangangan (Field Risearch) yang berbentuk eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi dan analisis data hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII dengan jumlah 7 kelas dan yang diambil sebagai sampel hanya 2 kelas, yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah: Rata-rata hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa Arab pada materi Mihnah kelas VIII MTs Swasta al-Ulum Medan kelas ekperimen yaitu kelas yang mendapat perlakuan dengan penggunaan media puzzle adalah dengan nilai rata-rata pre test 62,66 dan nilai rata-rata post test adalah 82,03. Kemudian setelah itu dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test diperoleh hasil uji hipotesis dengan ketentuan jika nilai Asymp Sig (2 tailed) < 0.05 maka hipotesis diterima dan jika Asymp Sig (2 tailed) > 0.05 maka hipotesis ditolak. Berdasarkan output statistik diketahui Asymp Sig (2 tailed) bernilai 0.000, karena nilai 0.000 lebih kecil dari 0.05 maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima. Artinya ada perbedaan antara hasil belajar bahasa Arab untuk pretest dan post-test sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar Bahasa Arab pada kelas VIII MTs Swasta al-Ulum Medan

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Oct 2020 02:48
Last Modified: 05 Oct 2020 02:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9606

Actions (login required)

View Item View Item