Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Di Kelas VII SMP Istiqlal Deli Tua.

Sitorus, Muhammad Arifin (2020) Peningkatan Hasil Belajar IPS Dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Di Kelas VII SMP Istiqlal Deli Tua. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI M. Arifin Sitorus 01.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pada mata pelajaran IPS sebelum menggunakan pembelajaran berbasis proyek, mengetahui keaktifan siswa terhadap penggunaan pembelajaran berbasis proyek, mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS setelah menggunakan pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini dilakukan di SMP Istiqlal Delitua kelas VII pada tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang digunakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa, lembar observasi aktivitas mengajar guru, pedoman wawancara, tes soal, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis proyek oleh guru dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial untuk mengetahui kondisi awal terkait hasil belajar siswa diperoleh rata-rata sebesar 54.06 dan hasil tersebut diketahui belum maksimal. Keaktifan siswa di kelas dalam proses pembelajaran pada siklus II lebih baik dari pada siklus I diantaranya siswa sudah terbiasa berkomunikasi dalam kelompok belajar, siswa sudah dapat memahami pelaksanaan investigasi lapangan berdasarkan petunjuk dari LKS, siswa secara berkelompok sudah dapat memahami dalam mengkomunikasikan temuan hasil investigasi lapangan, siswa tidak canggung lagi mempresentasikan temuan dari investigasi lapangan di depan kelas, siswa tidak terlalu canggung dalam mengungkapkan ide/pendapat, siswa sudah berani bertanya kepada guru/siswa lain. Hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek dengan melakukan refleksi dan maka diperoleh rata-rata hasil belajar siswa yang lebih meningkat yaitu 76.96. Peningkatan tersebut meningkat sebesar 75.86% dari siklus I yang hanya 44.82%

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Oct 2020 03:51
Last Modified: 02 Oct 2020 03:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9597

Actions (login required)

View Item View Item