Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar I Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN-SU Medan

Maysarah, Siti (2019) Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar I Untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN-SU Medan. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UINSU Medan.

[img]
Preview
Text
SITI MAYSARAH Laporan Penelitian BOPTN 2019 (Pengembangan Bahan Ajar ...).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tahapan pengembangan bahan ajar Struktur Aljabar I dalam mengatasi kesulitan belajar mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sumatera Utara Medan, (2) kelayakan produk bahan ajar Struktur Aljabar I dalam mengatasi kesulitan belajar mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sumatera Utara Medan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (development research) dengan menggunakan model 4-D Thiagarajan yang dimodifikasi menjadi empat tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Matematika UIN Sumatera Utara yang mengambil matakuliah Struktur Aljabar I yang berjumlah 242 orang. Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) Tahapan pengembangan bahan ajar Struktur Aljabar I untuk mengatasi kesulitan belajar mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sumatera Utara Medan dilakukan dengan 4 tahapan, yaitu: a) tahapan define berfungsi untuk menetapkan dan mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan pembelajaran dengan menganalisis tujuan dan batasan materi, b) tahapan design berfungsi untuk menghasilkan rancangan awal perangkat pembelajaran yang merupakan draf buku beserta instrument penelitian, c) tahapan develop untuk menghasilkan draf buku Struktur Aljabar I yang telah direvisi berdasarkan masukan para ahli (dosen) dan mahasiswa sebagai pengguna, d) tahapan disseminate untuk mempromosikan produk pengembangan agar bisa diterima oleh pengguna. (2) Produk bahan ajar Struktur Aljabar I dikatakan layak digunakan dalam mengatasi kesulitan belajar mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sumatera Utara Medan karena memenuhi 3 kriteria, yaitu: valid, praktis, dan efektif. Tingkat kevalidan bahan ajar Struktur Aljabar I sebesar 4,01 dengan kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan bahan ajar Struktur Aljabar I sebesar 80%. Sementara tingkat keefektifan penggunaan bahan ajar Struktur Aljabar I sebesar 97,93%.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Sep 2020 03:17
Last Modified: 30 Sep 2020 03:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9592

Actions (login required)

View Item View Item