Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar Negeri 130004 Kelurahan Pematang Pasir Kota Tanjungbalai

Siregar, Tomi Hamdani (2019) Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Sekolah Dasar Negeri 130004 Kelurahan Pematang Pasir Kota Tanjungbalai. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Pdf.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar Negeri (SDN) 130004 merupakan sekolah milik pemerintah Kota Tanjungbalai yang berada di Kelurahan Pematang Pasir Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai. Sekolah ini dibangun berdasarkan atas desakan masyarakat yang membutuhkan pendidikan bagi anak-anak sekitar lingkungan dan Kelurahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Inovasi pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta pelaksanaan pembelajarannya dalam meningkatkan kualitas lulusan siswa Sekolah Dasar Negeri 130004 Pematang Pasir Kota Tanjungbalai. Secara metodologis, Penulisan tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang disajikan dalam bab pertama dan kedua, yang masing-masing membahas pendahuluan dan tinjauan pustaka, sedangkan dalam paparan temuan dan pembahasan penelitian ada dalam bab keempat. Dalam pembahasan ini penulis menggunakan metode interview, observasi dan dokumentasi serta pengumpulan dokumen dan data yang valid. Temuan umum dalam penelitian ini adalah kondisi objek Sekolah Dasar Negeri 130004 Kelurahan Pematang Pasir Kota Tanjungbalai. Sedangkan, temuan khusus di Sekolah Dasar Negeri 130004 Kelurahan Pematang Pasir Kota Tanjungbalai, yaitu; (1) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri 130004 Kelurahan Pematang Pasir Kota Tanjungbalai. (2) Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri 130004 Kelurahan Pematang Pasir Kota Tanjungbalai. (3) Perkembangan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri 130004 Kelurahan Pematang Pasir Kota Tanjungbalai. Penelitian ini bertempat di Sekolah Dasar Negeri 130004 Kelurahan Pematang Pasir Kecamatan Teluk Nibung Kota Tanjungbalai. Waktu penelitian ini dimulai awal bulan Agustus 2019 dan berakhir di bulan Nopember 2019 pada Tahun Ajaran 2019-2020. Dari hasil penelitian yang diperoleh dilapangan penulis menyimpulkan bahwa; (I). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri 130004 Kelurahan Pematang Pasir Kota Tanjungbalai yang dilaksanakan oleh guru-guru khususnya guru Pendidikan Agama Islam (PAI) telah dilakukan melalui beberapa tahapan dalam pembelajaran yang dimulai dari; a). Perencanaan Pembelajaran. b). Pelaksanaan Pembelajaran, berakhir pada c). Evaluasi Pembelajaran. (II). Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah Dasar Negeri 130004 Kelurahan Pematang Pasir Kota Tanjungbalai yang telah temukan adalah a). Metode Pembelajaran dari Konvensional ke strategi pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) yang terdapat dikelas VI (enam). b) Selain materi dan bahan ajar yang didapat dari Dinas Pendidikan serta Kementerian Agama setempat, materi atau bahan ajar juga disiapkan tersendiri oleh Guru khususnya Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pembelajaran Ektrakulikuler yang dilakukan sekolah. c) Fasilitas yang digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat menunjang keberhasilan Inovasi misalnya, ketika belajar menggunakan Power Point serta menampilan Video/ Flim atau sejarah teladan Nabi serta Sahabat Nabi melalui Laptop dan TV LCD. (III). Perkembangan Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Negeri 130004 Kelurahan Pematang Pasir Kota Tanjungbalai, a). Bertambahnya minat belajar siswa dengan baik. b). Bagi orang tua siswa mendukung penuh seluruh kebijakan dalam proses pembelajaran yang baik terutama dalam membentuk karakter anak dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Kesimpulan dari penelitian ini, bahwasanya suatu Inovasi dalam pembelajaran disekolah sangatlah diperlukan. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada saat ini sangat dibutuhkan khususnya di satuan pendidikan awal yaitu Sekolah Dasar. Perkembangan dan pembelajaran Jiwa Agama bagi anak itu perlu, sebab Pendidikan atau pembelajaran Agama menjadi poin penting dalam keberhasilan suatu pendidikan. Pendidikan itu harus mempunyai karakter yang baik serta bagus. Selanjutnya Pendidikan itu juga dituntut untuk bisa berhasil memberikan ilmu dan pengetahuan yang baik, disamping mampu mewujudkan serta melahirkan siswa-siswi yang berprilaku baik, berakhlak bagus serta bermoral dan berbudi pekerti yang hebat.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Inovasi Pembelajaran PAI
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Program Master Pendidikan Agama Islam > Thesis
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:13
Last Modified: 29 Sep 2020 04:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9583

Actions (login required)

View Item View Item