Ardita, Riska (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Sumber Daya Alam Mata Pelajaran IPA Melalui Strategi Pembelajaran Inkuiri Di Kelas IV SD Negeri 101867 Desa Paya Gambar Kecamatan Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI RISKA ARDITA NIM. 36154189 CADANGAN.pdf Download (736kB) | Preview |
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dari jumlah 28 orang siswa masih terdapat 18 orang siswa belum mencapai KKM yaitU 60. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian berbentuk siklus yang tediri dari empat tahap meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase klasikal aktivitas belajar siswa pada pratindakan 54,64 siklus I mencapai 62,50 kemudian meningkat pada siklus II menjadi 76,42 kategori. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pratindakan 35,71% siklus I 46,42% pada siklus II persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa siklus II 82,14%. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa peningkatan hasil belajar siswa setelah melalui strategi penerapan strategi pemebelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stategi Pembelajaran Inkuiri Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 29 Sep 2020 04:00 |
Last Modified: | 29 Sep 2020 04:00 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9582 |
Actions (login required)
View Item |