Yanti, Sarida (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Kenampakan Alam Dan Keragaman Sosial Budaya Melalui Model Pembelajaran Thalking Stick Pada Siswa Kelas IV MIS Musa‟adhatul Iman Di Desa Sei Jawi-Jawi Kecamatan Sei Kepayang Barat Kabupaten Asahan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI SARIDA YANTI 1.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Thalking Stick pada materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang diaksanakan dalam 3 siklus. Untuk mengetahui kemampuan siswa, peneliti menggunakan lembar observasi belajar siswa, soal-soal pretest dan post-test dalam bentuk pilihan berganda yang diberikan kepada siswa secara individu. Berdasarkan hasil tes awal sebelum diberikan tindakan menunjukkan presentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 03,57% (1 siswa).Setelah diberikan tindakan pengajaran dengan menggunakan model pembelajaran Thalking Stick, diperoleh presentase ketuntasan belajar klasikal pada siklus I sebesar 59,46% (8 siswa). Lalu dilanjutkan siklus II diperoleh persentase ketuntasan belajar kalsikal sebesar 71,60%(15 siswa).Sedangkan setelah dilakukan perbaikan dari siklus II, pada siklus III diperoleh presentase ketuntasan klasikal sebesar 89,28% (25 siswa). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Thalking Stick pada mata pelajaran IPS materi kenampakan alam dan keragaman sosial budaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV MIS Musa‟adhatul Iman.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 07:30 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 07:30 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9579 |
Actions (login required)
View Item |