Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 101896 Kiri Hulu Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019

Khasanah, Siska Nida’ul (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 101896 Kiri Hulu Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
pdf skripsi fix.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengaruh model pemenbelajaran role playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di Kelas V SD Negeri 101896 Kiri Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilakukan di kelas V SD Negeri 101896 Kiri Hulu. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas V-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang, dan kelas VI-C sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajarban role playing dan siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V SD Negeri 101896 Kiri Hulu, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran role playing adalah 85,26. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Konvensional adalah 73,18. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 6,246 > 2,05228. Dengan demikian diharapkan para guru SD/MI untuk menerapkan metode pembelajaran role playng dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Sep 2020 07:20
Last Modified: 28 Sep 2020 07:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9578

Actions (login required)

View Item View Item