Nasution, Milda Sasmita (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V MIN 3 Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
SKRIPSI MILDA SASMITA NASUTION NIM. 36153100.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V MIN 3 Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Postest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MIN 3 Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019 yang berjumlah 61 siswa dan sampelnya adalah kelas VA yang berjumlah 30 siswa dan kelas V-B yang berjumlah 31 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk tes pilihan berganda. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent Sample t Test dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Role Playing memiliki nilai rata-rata postest sebesar 85,33 berada pada katagori baik. Sedangkan hasil belajar IPS siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional memiliki nilai rata-rata postest sebesar 73,71 berada pada katagori cukup. Pada pengujian Independent Sample t Test diperoleh nilai thitung = 3,792 dan nilai Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Nilai distribusi ttabel dilihat berdasarkan df = 59 dengan taraf signifikan � = 0,05 adalah 2,001. Karena nilai thitung > ttabel (3,792 > 2,001) dan Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima.”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V MIN 3 Kota Medan Tahun Ajaran 2018/2019.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 04:46 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 04:46 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9574 |
Actions (login required)
View Item |