Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) Pada Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Kerajaan Hindu Buddha Dan Islam Kelas IV SD Negeri 101873 Dusun II, Desa Baru, Batang Kuis

Saputri, Novi Yanti (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) Pada Mata Pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Kerajaan Hindu Buddha Dan Islam Kelas IV SD Negeri 101873 Dusun II, Desa Baru, Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
NOVI YANTI SAPUTRI SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Kerajaan Hindu Buddha Dan Islam dengan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) pada kelas IV SD Negeri 101873 Dusun II, Desa Baru, Batang Kuis. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 101873 Dusun II, Desa Baru, Batang Kuis yang terdiri dari 32 siswa. Obyek penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Kerajaan Hindu Buddha Dan Islam. Penelitian ini terdiri dari empat tahap yaitu (a) perencanaan, (b) pelaksanaan, (c) observasi, (d) refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran IOC (Inside Outside Circle) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi Peninggalan Sejarah Kerajaan Hindu Buddha Dan Islam. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebelum melaksanakan tindakan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 40,10 dengan ketuntasan klasikal 25% dan tergolong kategori “Sangat rendah”. Dan siklus I diperoleh dengan nilai rata-rata 62,18 dengan ketuntasan klasikal 50% dan tergolong kategori “sedang”. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar dengan nilai rata-rata 76,25 dan ketuntasan klasikal 87,5% dan tergolong kategori “sangat tinggi.”

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Sep 2020 05:01
Last Modified: 23 Sep 2020 05:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9554

Actions (login required)

View Item View Item