Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 101873 Dsn. II Desa Baru Kec. Batang Kuis.

Febrianti, Nurul (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri 101873 Dsn. II Desa Baru Kec. Batang Kuis. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
NURUL FEBRIANTI SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika di kelas V SD Negeri 101873 Dsn. II Desa Baru Kec. Batang Kuis. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperiment dengan pendekatan kuantitatif, yang menggunakan desain “The Nonequivalent Control Group Design”. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101873 Dsn. II Desa Baru Kec. Batang Kuis. Teknik pengumpulan data menggunakan tes yang berupa pilihan berganda. Kesahihan instrumen penelitian ini diperoleh melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda soal. Teknik analisis data yaitu menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh terhadap pembelajaran matematika kelas V jika dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini sesuai dengan hasil nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 87 dan kelas kontrol adalah 59,333. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa dapat dilihat dari perolehan nilai thitung = 6,3156, sedangkan ttabel = 2,00172 dengan dengan taraf signifikan 0,05 atau 5%. Dengan demikian diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 6,3156 > 2,00172 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 23 Sep 2020 04:52
Last Modified: 23 Sep 2020 04:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9553

Actions (login required)

View Item View Item