Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MIN 4 Kota Medan.

Aina, Nurul (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MIN 4 Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURUL AINI 0306162113 PDF.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui keterampilan menulis teks narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran langsung di kelas V MIN 4 Kota Medan; 2) Mengetahui keterampilan menulis teks narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write di kelas V MIN 4 Kota Medan; 3) Mengetahui pengaruh yang signifikan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap keterampilan menulis teks narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V MIN 4 Kota Medan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian quasi eksperimental desain (non equivalent control group design). Sampel dalam penelitian terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang berjumlah 52 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian diperoleh bahwa, keterampilan menulis teks narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran langsung adalah dengan nilai rata-rata 76,34. Keterampilan menulis teks narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write adalah dengan nilai rata-rata 79,76. Hasil uji “t” diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,764 > 2,009 dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini membuktikan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks narasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V MIN Kota Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Keterampilan Menulis Teks Narasi (Bahasa Indonesia)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.6 Kemampuan berbahasa untuk pendidikan dasar (menulis dsb.)
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Sep 2020 04:40
Last Modified: 22 Sep 2020 04:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9545

Actions (login required)

View Item View Item