Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Incide Outside Circle (IOC) Pada Siswa Kelas V MIS AL-Kautsar Kecamatan Medan Johor T.A 2019/2020

Harahap, Aulia Rika (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Incide Outside Circle (IOC) Pada Siswa Kelas V MIS AL-Kautsar Kecamatan Medan Johor T.A 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AULIA RIKA HARAHAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui hasil belajar siswa kelas V sebelum digunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Incide Outside Circle (IOC) pada mata pelajaran IPS; 2) Apakah proses penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Incide Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS; 3) Mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Incide Outside Circle (IOC) pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di MIS Al-Kautsar Kecamatan Medan Johor. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas V dengan jumlah siswa 28 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Sebelum menggunakan model pembelajaran Incide Outside Circle (IOC) hasil belajar siswa belum mencapai KKM yang telah ditentukan dilihat dari nilai rata-rata siswa pada pada saat pra-siklus sebesar (60,35%), 2) Penerapan model pembelajaran Incide Outside Circle (IOC) pada mata pelajaran IPS di kelas V MIS Al-Kautsar Kecamatan Medan Johor berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa, 3) setelah menggunakan model Incide Outside Circle (IOC) hasil belajar siswa dapat meningkat, hal ini terbukti pada siklus I hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata (71,25%) dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata (83,75%).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Sep 2020 06:20
Last Modified: 21 Sep 2020 06:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9537

Actions (login required)

View Item View Item