Strategi Guru PAI Dalam Menerapkan Hidden Kurikulum UntukMeningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik di SDN. 136539 Tanjungbalai

Matondang, Muhammad Alfaridzi (2020) Strategi Guru PAI Dalam Menerapkan Hidden Kurikulum UntukMeningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik di SDN. 136539 Tanjungbalai. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD ALFARIDZI MATONDANG.pdf

Download (536kB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan rumusan masalah, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Strategi guru PAI dalam menerapkan hidden kurikulum untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik (2) Pelaksanaan hidden kurikulum yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik (3) Mengetahui hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan hidden kurikulum (4) Mengetahui solusi terhadap hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan hidden kurikulum. Adapun metode penelitian yang digunakan dilihat dari jenis penelitiannya adalah penelitian kualitatif, serta dalam proses pengumpulan data, penulis mengggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskiriptif kualitatif, yaitu berupa datadata tertulis atau lisan dari orang atau pelaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara keseluruhan tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa , antara lain : (1) Adanya strategi guru PAI dalam menerapkan hidden kurikulum untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. (2) Adanya pelaksanaan hidden kurikulum yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik begitu beragam. (3) Mengetahui hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan hidden kurikulum seperti halnya, tidak kuatnya pemahaman guru dalam penggunaan IT dalam proses pembelajaran, kurangnya sarana dan prasarana dalam proses pembelajaran, adanya peserta didik sedikit terlambat masuk dalam proses pembelajaran. (4) Mengetahui berbagai solusi terhadap hambatan yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan hidden kurikulum.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Keaktifan Belajar Peserta Didik
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 18 Sep 2020 05:28
Last Modified: 18 Sep 2020 05:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9528

Actions (login required)

View Item View Item