Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Melalui Macromedia Flah Pada Materi Trigonometri Secara Daring Saat Social Distancing Di Kelas X MAN 1 Medan

Hasibuan, Diana Sari (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Melalui Macromedia Flah Pada Materi Trigonometri Secara Daring Saat Social Distancing Di Kelas X MAN 1 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DIANA SARI HASIBUAN (fix) (1).pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran matematika melalui macromedia flash pada materi trigonometri secara daring saat social distancing di kelas X MAN 1 Medan. Penilitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keparktisan dan keefektifan media yang dikembangkan. Materi ajar yang disajikan peneliti ialah Trigonometri untuk kelas peserta didik kelas X MA/SMA. Subjek dalam penilitian ini ialah pesera didik kelas X MIA 2 MAN 1 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan 4D yang dimodifikasi menjadi 3D, yakni: tahap pendefenisian (define), tahap perencanaan (design), dan tahap pengembangan (develop). Instrumen yang digunakan dalam penilitian ini ialah lembar validasi untuk mengukur kavildan media pembelajaran yang dikembangkan, lembar angket respon siswa, lembar angket respon guru, serta tes hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penilitian ini dinyatakan valid, berdasarkan skor persentase kelayakan oleh ahli media yaitu 84,6% dan oleh ahli materi yaitu 88,4% dengan kategori sangat layak. Respon guru dan siswa terdahap media yang dikembangkan tersebut positif, hal ini dilihat dari persentase respon siswa yaitu 83,91% dengan kategori positif dan persentase respon guru yaitu 84% dengan kategori positif. Media pembelajaran yang dikembangkan ini telah memenuhi kriteria efektif berdesarkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 83,3% dengan hasil indeks Gain Ternormalisasi 0,34 yang tergolong sedang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Sep 2020 10:19
Last Modified: 15 Sep 2020 10:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9518

Actions (login required)

View Item View Item