Pengaruh Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Penjajahan Belanda di Indonesia Siswa Kelas V MIN 10 Kota Medan Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan T.A 2018/2019

AR, M. Fikri Ramadhan (2019) Pengaruh Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Penjajahan Belanda di Indonesia Siswa Kelas V MIN 10 Kota Medan Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIKRI 2.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan hasil Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) Terhadap Hasil Belajar IPS Materi Penjajahan Belanda di Indonesia Siswa Kelas V MIN 10 Kota Medan Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment yang dilakukan di kelas V MIN 10 Kota Medan Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan. Peneliti menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. kelas V-B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang, dan kelas V-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dan siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V MIN 10 Kota Medan Kelurahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap peningkatan hasil belajar IPS materi penjajahan belanda di indonesia siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan Model SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) adalah 85,15. Sedangkan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran konvensional adalah 74,29. Berdasarkan hasil uji t dimana diperoleh 4,880 > 1,996.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 15 Sep 2020 09:51
Last Modified: 15 Sep 2020 09:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9516

Actions (login required)

View Item View Item