Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Stambuk 2016

Ahfadh, Zuhri (2020) Persepsi Mahasiswa Dalam Pembelajaran Berbasis E-Learning Pada Prodi PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Stambuk 2016. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SkripsiZuhri Ahfadh.pdf.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa, pelaksanaan pembelajaran, peluang dan hambatan dalam pembelajaran berbasis e-learning di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Stambuk 2016. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan kajian pustaka sebagai bahan referensi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dilakukan sebagai tindakan awal dalam sebuah penelitian ini. Kemudian dilanjutkan kepada wawancara yang mendapatkan data untuk penelitian ini dan setelah itu di dokumentasikan dalam bentuk tulisan. Pada penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah mahasiswa/i PAI Stambuk 2016 yang sedang menggunakan pembelajaran berbasis e–learning. Data yang dikumpulkan dari mahasiswa/i tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini kemudian dituangkan ke dalam tulisan setelah melalui pengecekkan keabsahan data, sehingga data dapat dipercaya. Triangulasi merupakan salah satu teknik keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini. Sehingga diperoleh hasil bahwa persepsi mahasiswa dalam pembelajaran berbasis e–learning beraneka ragam, yaitu: mahasiswa dan dosen tidak menguasai sepenuhnya tentang aplikasi e-learning tersebut, fasilitas yang disediakan kampus tidak mendukung untuk pembelajaran berbasis e-learning, seperti: wifi yang disediakan kampus jaringannya lambat sehingga mahasiswa dalam mengakses elearning ini susah, Kurangnya interaksi antara dosen dan mahasiswa, dan dosendosennya juga banyak yang belum mengaplikasikan pembelajaran e-learning secara maksimal, mereka baru menerapkan pembelajaran yang berbasis e-learning saat berada di akhir perkuliahan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Pembelajaran Berbasis E-Learning
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:44
Last Modified: 15 Sep 2020 03:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9507

Actions (login required)

View Item View Item