Penerapan Metode Quantum Reading And Cooperative Script (QRCS) Bidang Studi Bahasa Indonesia Materi Membandingkan Dua Teks Informasi Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas V Di MIS AN-NUR Kutilang Desa Bandar Khalifah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Nurhabibah, Nurhabibah (2020) Penerapan Metode Quantum Reading And Cooperative Script (QRCS) Bidang Studi Bahasa Indonesia Materi Membandingkan Dua Teks Informasi Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kelas V Di MIS AN-NUR Kutilang Desa Bandar Khalifah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI NURHABIBAH 0306162161.docx

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diterapkan Metode Quantum Reading And Cooperative Script (QRCS) bidang studi Bahasa Indonesia materi Membandingkan Dua Teks Informasi guna meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V di MIS AN-NUR Kutilang Desa Bandar Khalifah. 2) Untuk mengetahui bagaimana respon siswa terhadap Penerapan Metode Quantum Reading And Cooperative Script (QRCS) bidang studi Bahasa Indonesia materi Membandingkan Dua Teks Informasi guna meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V di MIS AN-NUR Kutilang Desa Bandar Khalifah. 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan Metode Quantum Reading And Cooperative Script (QRCS) bidang studi Bahasa Indonesia materi Membandingkan Dua Teks Informasi guna meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V di MIS AN-NUR Kutilang Desa Bandar Khalifah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang menggunakan tahapan berupa siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subyek penelitian ini adalah kelas 5 yang berjumlah 28 orang. Yang terdiri dari 11 perempuan dan 13 orang laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode Quantum Reading And Cooperative Script mampu dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia materi membandingkan isi dua teks. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik yang meningkat setelah diterapkannya metode Quantum Reading And Cooperative Script. Pada tahap Pree Test terdapat rata-rata 40,83 dengan ketuntasan klasikal 8,33% dengan jumlah 2 orang siswa. Pada Siklus I rata-rata hasil belajar 71,66 dengan ketuntasan klasikal mencapai 45,83% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 orang. Dan pada Siklus II rata-rata hasil belajar 86,25. dengan ketuntasan klasikal mencapai 83,33% dengan sebanyak 20 siswa yang tuntas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Quantum Reading And Cooperative Script, Bahasa Indonesia, Kemampuan Membandingkan Dua Teks
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.7 Berhitung dan matematika untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Sep 2020 05:07
Last Modified: 08 Sep 2020 05:07
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9469

Actions (login required)

View Item View Item