Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas XII SMK Tritech Bhayangkara Medan

Dinda, Anwinda (2020) Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas XII SMK Tritech Bhayangkara Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Anwinda Dinda.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam menulis bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis Bahasa Arab siswa kelas XII TKJ-I Smk Tritech Bhayangkara Medan dengan penerapan metode Mind Mapping. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar siswa, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif statistik deskriptif dan kualitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan 2 siklus. Sebelum digunakan metode mind mapping keterampilan menulis siswa masih rendah karena guru masih menggunakan metode konvensional. Dari sebelum tindakan (pra siklus) hasil persentase klasikal diperoleh 20% (5 siswa). Kemudian pada siklus I dengan menerapkan metode mind mapping hasil persentase klasikal diperoleh 40% (10 siswa). Kemudian setelah dilakukan perbaikan dari siklus I, hasil persentase klasikal pada siklus II diperoleh 88% (22 siswa). Dari hasil penelitian ini bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis bahasa arab siswa dengan menggunakan metode mind mapping di kelas XII TKJ-I Smk Tritech Bhayangkara Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 06 Sep 2020 14:48
Last Modified: 06 Sep 2020 14:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9456

Actions (login required)

View Item View Item