Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mi Panyabungan

Nasution, Asrin (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mi Panyabungan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Asrin Nasution Full-dikonversi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MI Panyabungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V MI Panyabungan yang berjumlah 60 orang. Sampel penelitian ini adalah dua kelas yang terdiri atas satu kelas eksperimen (VA) dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang dan satu kelas kontrol (VB) dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa adalah tes essay yang berjumlah 5 soal. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji t-test. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir kritis siswa MI Panyabungan. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 85,83 dan 73,33. Hal ini juga dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dimana Thitung >Ttabel yaitu 6,044 >2,001

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Aug 2020 02:19
Last Modified: 26 Aug 2020 02:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9359

Actions (login required)

View Item View Item