Pengembangan Model Latihan Kepemimpinan Guru Berbasis Kompetensi Dari Al-Quran Pada Madrasah Al-Ittihadiyah Di Sumatera Utara

Syafaruddin, Syafaruddin and Kesumawati, Tri Indah (2020) Pengembangan Model Latihan Kepemimpinan Guru Berbasis Kompetensi Dari Al-Quran Pada Madrasah Al-Ittihadiyah Di Sumatera Utara. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UINSU Medan.

[img]
Preview
Text
PENELITIAN PROF SYAFARUDDIN 7 EKSP.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
HKI TRI INDAH KUSUMAWATI_TERBARU.pdf

Download (770kB) | Preview

Abstract

Pelatihan tenaga kependidikan, kurang jelas polanya, dan hanya mengikuti pola atau kemauan para pengelola pelatihan baik Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP), atau Diklat Keagamaan, serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan sesuai proyek yang diajukan. Tanpa ada standar kompetensi, yang berkesinambungan, dan penilaian hasil pelatihan. Apalagi pelaksanaan pelatihan yang tidak didahului perkiraan kebutuhan tenaga kependidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk model latihan kepemimpinan guru berbasis kompetensi dari Al qur’an pada madrasah Al Ittihadiyah di Sumatera Utara. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Developmental Research). Dalam penelitian ini yang dikembangkan berupa model latihan kepemimpinan guru, perangkat-perangkat latihan dan instrumen-instrumen yang diperlukan dalam latihan yang dilaksanakan pada madrasah Al Ittihadiyah, baik pada madrasah Ibtidaiyah, Tsanawiyah maupun madrasah Aliyah. Penelitian ini menemukan bahwa untuk mengembangkan desain latihan kepemimpinan guru berbasis kompetensi dari Alqur’an pada madrasah Al Ittihadiyah diperlukan satu desain yang terumuskan dalam sebuah model. Model desain latihan kepemimpinan guru berbasis kompetensi akan efektif bila dilakukan dengan tiga hal yakni; pengembangan bahan ajar untuk latihan, koordinasi antar institusi, dan komitmen penyelenggara atau pihak terkait. Pengembangan bahan ajar atau materi latihan dapat dilakukan dengan pembenahan, dan pengembangan di tingkat Majelis Pendidikan Al Ittihadiyah sumatera Utara. Pengembangan ini dapat dilakukan dengan cara pembuatan buku panduan, buku pedoman, dan buku petunjuk teknis tentang pelaksanaan latihan kepemimpinan berbasis kompetensi dari Alqur’an yang diintegrasikan untuk menjadi model pengembangan guru pada madrasah Al Ittihadiyah Sumatera Utara. Komitmen penyelenggaraan dapat diupayakan dengan cara memberi ruang bagi dosen Penasehat Akademik untuk memahami, mengembangkan serta mengevaluasi bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter bagi mahasiswa.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Aug 2020 13:03
Last Modified: 09 Aug 2020 14:20
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/9182

Actions (login required)

View Item View Item