Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Di Ajar Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Materi Himpunan Di Kelas VII MTs Islamiyah YASPENJAR Tahun Pelajaran 2018/2019

Hasibuan, Mara Purba (2018) Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa Yang Di Ajar Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Dan Teams Games Tournament (TGT) Pada Materi Himpunan Di Kelas VII MTs Islamiyah YASPENJAR Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Meddan.

[img]
Preview
Text
MARA PURBA HASIBUAN 35143008.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), (2) mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT), serta (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi kooperatif tipe Student Team Achievement division (STAD) dan tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yang diambil secara acak atau simple random sampling. Instrumen tes yang digunakan berbentuk uraian berupa tes hasil belajar (post test). Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan Teams Games Tournament (TGT) pada materi himpunan di kelas VII MTs Islamiyah Yaspenjar tahun pelajaran 2018/2019. Pada strategi kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) data post test nilai rata-rata hitungnya (X ̅) sebesar 81,25 (kategori baik) dan Standar Deviasi (SD) = 9,014, sedangkan pada strategi kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) data post test nilai rata-rata hitungnya (X ̅) sebesar 76,08 (kategori baik) dan Standar Deviasi (SD) = 7,458, selanjutnya data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Team Student Team Achievement Division (STAD) dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dimana besar perbedaan (BP) antara Student Teams Achievement Divison (STAD) dan Teams Games Turnament (TGT) adalah sebesar 6,79 % (tidak terlalu signifikan).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Hildayati Raudah
Date Deposited: 11 Jun 2020 04:28
Last Modified: 11 Jun 2020 04:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8857

Actions (login required)

View Item View Item