Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Mtss Al-Washliyah Tembung

Lubis, Abdul Rahman (2019) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Membentuk Karakter Siswa Di Mtss Al-Washliyah Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
ABDUL RAHMAN LUBIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam dunia pendidikan sangatlah diperlukan adanya sarana dalam membina dan membentuk karakter siswa. Pembinaan dan pembentukan karakter siswa ini tidak mungkin dilaksanakan secara langsung oleh masing-masing guru di sekolah. Oleh sebab itu diperlukan suatu badan/orang yang khusus yang berfungsi untuk menangani pembinaan dan pembentukan karakter siswa yaitu “bimbingan dan konseling”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Keadaan karakter siswa di MTsS Al-Washliyah Tembung dan Peran guru bimbingan konseling dalam membentuk karakter siswa di MTsS Alwashliyah Tembung. Partisipan penelitian ini adalah guru BK yang berjumlah 1 orang dan siswa kelas VIII yang berjumlah 2 siswa,. Metode yang digunakan adalah analisis deskriptif kualiitatif. Hasil penelitian ini adalah bahwa keadaan karakter prososial siswa di MTsS Al-Washliyah Tembung menunjukkan masih adanya siswa karakter prososialnya masih minim. Peran guru bimbingan dan konseling dalam membentuk karakter prososial siswa adalah dengan menanamkan sikap karakter psososial siswa dengan memberikan layanan informasi, melakukan konseling individu terhadap siswa yang masih enggan untuk saling tolong menolong, memberikan nasehat dan contoh baik kepada siswa dan bekerjasama dengan guru bidang studi dan siswa untuk saling membantu.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Mar 2020 04:39
Last Modified: 19 Mar 2020 04:39
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8669

Actions (login required)

View Item View Item