Implementasi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Istiqomah Sri gunting

Aliya, Syubbanul Akhyaril (2018) Implementasi Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Istiqomah Sri gunting. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JULIANA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI AKHYAR FULL.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Kepemimpian Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di MTs Istiqomah Sri gunting. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dimana peneliti langsung meneliti ke lapangan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi yanhg dilakukan di MTs Istiqomah Sri gunting. Adapun informan penelitian ini berjumlah 3 orang yaitu: kepala madrasah/wakil kepala madrasah, guru bidang studi. Untuk menganalisis data menggunakan model analisis interaktif yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memeriksa keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi, uji transferability, dependability, dan confirmability. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: 1) fungsi kepala madrasah dengan memberikan kesempatan kepada guru-guru untuk meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensinya, serta untuk memperoleh pelatihan dan pengembangan profesi dalam bidangnya dengan menganalisis kebutuhan dan perkembangan guru-guru, dan melakukan kegiatan pelatihan dan pembinaan sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan guru-guru, 2) Gaya kepemimpinan kepala madrasah di MTs Istiqomah Sri gunting menggunakan gaya kepemimpinan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan madrasah mengenai permasalahanpermasalahan yang ingin diselesaikan kepala madrasah, 3) Implementasi kepemimpinan kepala madrasah di MTs Istiqomah Sri gunting dalam menigkatkan profesionalisme guru melalui kegiatan pelatihan dan pembinaan yang diadakan oleh kepala madrasah bagi guru-guru sesuai dengan kekurangan, kelemahan serta bidangnya masing-masing, dan hasil peningkatan profesionalisme guru mencapai 75% hingga 90%, selebihnya masih dalam adaptasi dan perbaikan. Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan dalam implementasi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru diinginkan guru-guru melatih dan mengembangkan potensi serta keterampilannya demi mencapai tujuan madrasah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Profesionalisme Guru
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 18 Mar 2020 07:48
Last Modified: 18 Mar 2020 07:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8652

Actions (login required)

View Item View Item