Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi siswa yang menunjukkan gejala pasif dalam pembelajaran di kelas X Teknik Sepeda Motor (TSM) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PAB 6 Medan.

Asimah, Nur (2019) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi siswa yang menunjukkan gejala pasif dalam pembelajaran di kelas X Teknik Sepeda Motor (TSM) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PAB 6 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
NUR ASIMAH 31154183.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

SMK PAB 6 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai hal yang terkait upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi siswa yang menunjukkan gejala pasif dalam pembelajaran di kelas X Teknik Sepeda Motor Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Amal Bakti 6 Medan, yang bertujuan untuk menemukan hasil terkait bentuk kepasifan siswa dalam pembelajaran, faktor penyebab kepasifan siswa serta upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kepasifan siswa dalam pembelajaran. Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan studi perkembangan. Sedangkat teknik pengumpulan data dilakukan melalui proses observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Kemudian data disajikan melalui proses reduksi data, penyajian data serta pembuatan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian ditemukan hasil bahwa upaya yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi siswa yang menunjukkan gejala pasif dalam pembelajara di kelas X Teknik Sepeda Motor Sekolah Menengah Kejuruan Persatuan Amal Bakti Medan sudah efektif dan mampu menjadikan siswa yang pasif menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dengan cara Menggunakan strategi active learning pada proses pembelajaran, b) Memberikan pertanyaan yang mampu membuat siswa berpikir kritis, c) Memberikan bimbingan serta motivasi kepada siswa, d) Memberikan pengarahan dan pengawasan kepada seluruh siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung, e) Memberikan kesempatan pada siswa yang pendiam dan siswa yang lemah dalam memahami materi pembelajaran, f) Memahamkan materi kepada diri setiap siswa dengan cara menghubungkan materi dengan hal yang terjadi pada masa sekarang ini, g) Memberikan punisment kepada siswa yang mengganggu diruang kelas, h) Melakukan pendekatan dengan setiap siswa.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya, Guru PAI, Gejala Pasif.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs. Misdar Piliang
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:57
Last Modified: 11 Jun 2020 00:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8626

Actions (login required)

View Item View Item