Penggunaan Teknik Kursi Kosong Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Yayasan Baitul Aziz Tembung

Harahap, Camelia Rizkia (2019) Penggunaan Teknik Kursi Kosong Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas X SMA Yayasan Baitul Aziz Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: untuk mengetahui proses Teknik Kursi Kosong dalam Meningkatkan Percaya Diri pada siswa kelas X, untuk mengetahui hasil Teknik Kursi Kosong dalam Meningkatkan Percaya Diri pada siswa kelas X, dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam menggunakan Teknik Kursi Kosong pada siswa kelas X SMA Yayasan Baitul Aziz. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen, yang bersifat kuantitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan angket dan observasi. Hasil data dari pre-test dan post-test. Populasi sebanyak 40 siswa dan pengambilan sample menggunakan teknik purposive sampling dengan hasil 36. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil uji t-test penggunaan teknik kursi kosong terhadap percayaan diri siswa. Penghitungan percayaan diri dengan nilai distribusi ditentukan yaitu derajat kebebasan dk =N-1 = 4-1=3 dengan taraf signifikan α= 0,05 didapat hasil dari data tersebut diketahui bahwa terjadi pengaruh terhadap kepercayaan diri siswa sebelum diberi perlakuan/pretest nilai rata-rata 82,41667 setelah melaksanakan perlakuan/posttes nilai rata-rata naik menjadi 118,75 dan berdasarkan hasil pengujian t kemudian dibandingkan dengan thitung lebih besar dari ttabel. t hitung = 2,50221 pada derajat kebebasan (df) 3, tabel 0.05 = 2,353 dengan ketentuan harga t (2,50221 > 2,353). Hasil temuan menunjukkan bahwa pemberian teknk kursi kosong pada siswa yang memiliki percaya diri rendah memberikan pengaruh kepada siswa, hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil pengujian thiting lebih besar dari ttabel (2,50221 > 2,353), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 12 Mar 2020 02:30
Last Modified: 12 Mar 2020 02:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8592

Actions (login required)

View Item View Item