Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 101875 Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang T.A. 2018/2019

Lingga, Nurjanah (2019) Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SDN 101875 Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang T.A. 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
nurjannah lingga.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penggunaan pemberian Reward pada mata pelajaran Matematika, 2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika, 3) pengaruh yang signifikan antara model pemberian Reward terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan Quasi Experiment (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 40 siswa. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik sampel total atau Total Sampling yaitu sampel adalah keseluruhan jumlah populasi. Satu kelas digunakan sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pemberian Reward pembelajaran Matematika yaitu kelas IVA yang berjumlah 20 siswa, dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media buku paket pembelajaran Matematika yaitu kelas IVB yang berjumlah 20 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre test dan post test sebanyak 10 soal yang telah validkan ke dosen ahli dan siswa. Analisis data yang digunakan yaitu t-test. Temuan penelitian ini sebagai berikut : 1) hasil belajar Matematika siswa dilihat dari rata-rata nilai tes akhir (post tes) pada kelas eksperimen (IVA) dengan menggunakan model pemberian Reward Matematika diperoleh rata-rata post test 87,00 sedangkan kelas kontrol (IVB) dengan menggunakan media buku paket pembelajaran Matematika diperoleh rata-rata post test 66,00. Berdasarkan hasil rata-rata post test bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran pemberian Reward memiliki hasil belajar yang lebih baik, 3) Berdasarkan uji statistik t pada data post test bahwa diperoleh pemberian Reward berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji t di peroleh thitung > ttabel yaitu 15,8158 > 1,7247 (n=20) dengan taraf signifikan 0,05 atau 5% yang menyatakan terima Ha dan tolak H0. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pemberian Reward berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 101875 Bintang Meriah Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemberian Reward, Matematika, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 10 Mar 2020 04:37
Last Modified: 10 Mar 2020 04:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8549

Actions (login required)

View Item View Item