Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Melawan Penjajahan Belanda dan Jepang Melalui Strategi Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning) di Kelas V MIN 4 Medan T.A 2018/2019

Hasibuan, Sri Rizki Juniati (2019) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Perjuangan Melawan Penjajahan Belanda dan Jepang Melalui Strategi Pembelajaran Bersiklus (Cycle Learning) di Kelas V MIN 4 Medan T.A 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran bersiklus (cycle learning) dan untuk mengetahui keefektifan siswa dalam kelas selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan II siklus dan untuk setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi melalui penerapan strategi pembelajaran bersiklus (cycle learning) pada mata pelajaran IPS materi perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang. Penelitian ini dilakukan di MIN 4 Kota Medan kecamatan Medan Barat dan subjek dari penelitian ini adalah siswa/i kelas Vb dengan jumlah 27 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum tindakan hanya mendapatkan nilai rata – rata sebesar 71,11 atau 25,92% tingkat keberhasilannya. Setelah diterapkannya model pembelajaran bersiklus (cycle learning) pada siklus I hasil pelajaran IPS siswa memiliki nilai rata – rata 74,07 atau 59,2% tingkat keberhasilan siswa. Pada siklus II diperoleh nilai rata – rata 8,185 atau 88,88% tingkat keberhasilan pada siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dikatakan meningkat dengan menggunakan model pembelajaran bersiklus (cycle learning).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Additional Information: Strategi Pembelajaran Bersiklus (CYCLE LEARNING) Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 09 Mar 2020 03:36
Last Modified: 09 Mar 2020 03:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8543

Actions (login required)

View Item View Item